Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

BPTP Balitbangtan NTB IKUT Memeriahkan Mataram Agriculture Expo 2018 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Nurul Agustini   
Selasa, 23 Oktober 2018 12:03

Dalam rangkaian menandai pulihnya kembali kegiatan eknomi sosial masyarakat , yang beberapa waktu lalu sempat terhenti akibat bencana gempa bumi yang melanda pulau Lombok pada umumya dan kota Mataram pada khususnya, maka pemerintah Kota Mataram (Pemkot Mataram) mengadakan pameran Pertanian yang diadakan hari Minggu sampai dengan hari Selasa (7 sd 9/10/2018) di Lapangan Sangkareang Kota Mataram. Kegiatan pameran ini dihadiri oleh Wali Kota Mataram Ir. H Ahyar Abduh, Ketua Tim Pengerak PKK Kota Mataram Hj.Suryani Ahyar abduh, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram ND.Kinnastri Roliskana, Komandan Kodim 1606 Lombok Barat Letkol (Czi) Djoko Rahmanto SE,  dan segenap jajaran Pejabat Lingkup Kota Mataram

Kegiatan pameran ini diikuti oleh 45 stand yang berasal dari Dinas/Instansi lingkup Kota Mataram, Universitas-univrsitas di Mataram, retail-retail yang ada di Kota Mataram  dan  BPTP Balitbangtan NTB ikut pula ambil bagian memeriahkan Mataram Agriculture Expo 2018 ini. Tim Pameran BPTP menampilkan berbagai olahan jagung, olahan kentang, olahan cabai, bawang goreng, bawang putih lokal Sembalun (varitas sangga Sembalun), dan bawang merah (varietas Balikaret) Produk Badan Litbang Pertanian  , serta  DOC ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (KUB) . jumlah pengunjung yang mendatangi stand BPTP Balitbangtan NTB berjumlah kurang lebih 300 orang dengan memberikan berbagai respon positif terhadap beberapa display yang dipamerkan dan beberapa pertanyaan salah satunya tetang ayam KUB.

Dalam sambutan Ketua Panitia Ir H.Muttawali,MM selaku kepala Dinas Pertanian  Kota Mataram menyampaikan bahwa tujuan dari Mataram Agriculture expo 2018 adalah memberikan ruang bagi masyarakat untuk mendapatkan kembali kegiatan sosial ekonominya terutama para petani dan peternak di kota Mataram seperti komunitas-komunitas bonsai, komunitas-komunitas pencinta hewan kesayangan dll agar dapat mengeksplore potensi yang ada di kota Mataram, sehingga dapat membuka peluang investasi dan pengembangan pasar-pasar produk bagi usaha agribisnis yang ada di kota Mataram di waktu-waktu mendatang, demikian disampaikan.

Pembukaan kegiatan Mataram Agriculture expo 2018 ditandai dengan pemukulan “Gendang Belek” ( alat musik tradisional suku Sasak) oleh Wali Kota Mataram  Ir.H.Ahyar Abduh . Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan pameran ini merupakan kegiatan rutin Pemkot Mataram untuk mengeksplore produk-produk hasil pertanian, termasuk mesin pertanian/alsintan juga mesin pengolahan “ Kita memiliki komitmen yang  tinggi untuk meningkatkan hasil-hasil produk pertanian di kota Mataram,  untuk itu kita terus melakukan pembinaan-pembinaan kepada SDM pertanian kita, karena Sumber Daya Alam pertanian kita realtif sempit dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di NTB, dan saya sangat bangga dengan para petani kita ” demikian disampaikan Ahyar Abduh diakhir sambutannya.

Setelah memberikan sambutan Wali Kota Mataram menyerahkan piala penghargaan bagi pemenang lomba, dan para tamu undangan mendapatkan bibit pohon mangga varietas Mentaram yang telah disiapkan panitia. (Nurul Agustini)


 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com