Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

BPTP Balitbangtan NTB Promosikan Sistem Produksi Benih Bawang Putih PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Admin   
Selasa, 23 Oktober 2018 11:51

Temu lapang merupakan salah satu strategi BPTP Balitbangtan NTB dalam meperkenalkan dan mempromosikan inovasi teknologi yang telah di hasilkan melalui pengkajian. Temu Lapang dilaksanakan hari Kamis (4/10/2018) di lahan petani Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur

Melaui kegiatan KP4S BPTP Balitbangtan NTB mempromosikan salah satu teknologi sistem produksi bawang putih di dataran tinggi dan medium. Out put dari kegiatan ini adalah dihasilkannya paket teknologi sistem produksi bawang putih yang dapat diterapkan oleh petani yang ada di Sembalun, serta terbina dan tumbuhnya calon penangkar benih bawang putih yang bermutu.

Temu lapang diawali dengan panen bersama untuk melihat kualitas tanaman hasil pengkajian dan diskusi bersama membahas hasil pengkajian yang dapat direkomendasikan ke petani.  Dalam pertemuan tersebut hadir seluruh anggota kelompok tani bawang putih dan sejumlah undangan dan narasumber diantaranya, perwakilan   Balai Besar Pengkajian dan Pengengan Teknologi Pertanian (BB2TP), perwakilan Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa),  BPTP Balitbangtan NTB, Perwakilan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) NTB, perwakilan Balai Benih Induk (BBI) NTB, Kepala Balai Diklat Pertanian Propinsi NTB, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Camat Sembalun, Perwakilan Polsek dan Babinsa, Kepala Desa serta tokoh agama dan masyarakat.

Ada 3 (tiga) paket teknologi yang dikaji pada kegiatan pengkajian  ini yaitu paket A, Paket B, dan Paket C. Paket A dan B merupakan perlakuan rekomendasi dari BPTP yang meliputi penambahan dolomit dan pupuk kandang , sedangkan paket C merupakan cara petani yang dijadikan perbandingan untuk hasil produksi nantinya.

Dalam pertemuan tersebut ketua kelompok tani menyampaikan rasa terimasihnya kepada peneliti BPTP Balitbangtan NTB yang  telah memberikan contoh  penerapan teknologi yang secara langsung  petani lihat. Beliau menuturkan bahwa hasil  produksi pada pengkajian ini adalah yang terbaik yang pernah mereka lihat selama menanam bawang putih. Di akhir diskusi para petani bawang putih berkomitmen akan menerapkan rekomendasi teknologi yang telah diberikan oleh BPTP Balitbangtan NTB karena proses dan hasil nyata telah petani lihat sendiri. (Rahmatullaila)

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com