Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Kunjungan Direktorat Jendral (Ditjen) Pkh Kementerian Pertanian Di BPTP Balitbangtan NTB PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh SasWR   
Jumat, 24 Agustus 2018 07:24

Dalam  rangka melaksanakan tugas dari Menteri Pertanian untuk penanganan korban bencana gempa bumi di Lombok NTB,  pada Selasa 7 Agustus 2018,  Ditjen PKH Drh. I Ketut Diarmita, MP  didampingi Kepala Balai Besar Veteriner Bali Drh. I Wyn Masa Tenaya, M Phill, Ph.D dan Kepala Disnakeswan Prov NTB Drh. H. Aminurahman, MSi  berkunjung ke BPTP Balitbangtan NTB.

Kedatangan Ditjen PKH Bersama rombongan diterima oleh KSPP BPTP Balitbangtan NTB, Dr. Sasongko WR.  Pertemuan dilaksanakan di ruang Sidang utama BPTP Balitbangtan NTB.  Dalam pengantarnya disampaikan bahwa Kepala BPTP NTB sedang tidak berada di tempat karena sedang  menuju Jakarta untuk menghadiri permintaan Sekjen Kementerian Pertanian berkoordinasi terkait dengan penerimaan dan penyaluran bantuan yang berasal dari Kementerian Pertanian RI.  Selanjutnya dijelaskan juga tahapan yang sudah dipersiapkan oleh BPTP Balitbangtan NTB yang ditunjuk menjadi Posko Induk untuk penanggulangan korban gempa di Lombok  NTB,  dan sebagai koordinator keseluruhan adalah kepala BPTP Balitbangtan NTB  Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar.

Ditjen PKH Kementerian Pertanian RI, menyampaikan maksud kedatangan adalah  koordinasi dalam penanggulangan bantuan korban gempa bumi yang melanda daerah Lombok NTB,  dan 2 wilayah dianggap cukup parah kondisinya yaitu wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Kabupaten Lombok Timur (Lotim). akan memberikan bantuan untuk korban gempa bumi focus pada sub sector peternakan di wilayah KLU dan Lotim.  Bentuk fisik bantuan yang akan diberikan adalah berupa hijauan pakan ternak (pucuk tebu), pakan ternak unggas dan konsentrat.  Sehubungan dengan BPTP Balitbangtan NTB sebagai Posko Utama maka Ditjenak meminta agar ada ruang khusus untuk aktivitas posko yang dilengkapi komputer, tenaga yang memberi informasi kondisi wilayah gempa, permasalahan yang harus diatasi segera dan apa yang telah dilaksanakan.  Karena ada dana yang cukup besar untuk korban bencana maka perlu pencatatan opname barang, distribusi bantuan yang tercatat dan dapat dipertanggungjawabkan. Perlu menunjuk juru bicara yang akan memberikan informasi pada media (jika ada) agar kita semua satu kata.

Pertimbangan bahwa NTB adalah wilayah peternakan sehingga pada saat gempa terjadi diasumsikan bahwa peternak tidak sempat melakukan tindakan pada ternak peliharaannya, untuk itu perlu bantuan penyediaan pakan ternak.  Untuk ternak sapi disediakan hijauan pakan berupa pucuk tebu dan konsentrat, Dan untuk ternak lainnya juda disediakan konsentrat.

Kepala BBVet Bali menyampaikan bahwa selama ini sudah terjalin kerjasama antara Disnakkeswan dengan BPTP Balitbangtan NTB pada kegiatan SIWAB. Oleh karena itu dalam melaksanakan penyaluran bantuan ini perlu melakukan kerjasama yang terkoordinir agar pelaksanaan berjalan lancar dan merata.  Disamping itu dana bantuan yang dikelola harus dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah pertemuan berakhir, Ditjen PKH berserta rombongan melanjutkan menuju ke wilayah Pemenang (KLU) dimana wilayah ini merupakan salah satu daerah yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi cukup parah.  Acara kunjungan yang mendampingi rombongan Pak Ditjen adalah I Putu Cakra, SP, MM. (SasWR)

 

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com