Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
300 Teknologi Inovatif
ktt

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Kementerian Pertanian Mendapat WTP PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M. F.Matenggomena dan Nurul Agustini   
Senin, 30 Juli 2018 08:45

Kepala Bappeda Provinsi NTB sebagai Koordinator usaha akutansi pembantu pengguna anggaran/barang wilayah (UAPPA/BW) mengapresiasi atas keberhasilan Kementerian Pertanian (Kementan) mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih selama 2 tahun berturut - turut  pada tahun anggaran 2017 dan tahun 2016. Keberhasilan ini atas kerja keras dan, kerjasama Kementan pusat, unit pelaksana teknis  dan Satker lingkup pertanian di setiap daerah dalam mengelola laporan keuangan dengan baik sesuai standar akutansi pemerintahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr.Ir. M. Saleh Mokhtar,MP dalam sambutannya pada acara pembukaan Workshop konsolidasi penyusunan laporan keuangan semester I TA 2018 di hotel Golden Palace Mataram pada Senin (16/7/18). Acara di hadiri oleh  perwakilan operator SAIBA dan SIMAK BMN se NTB, tim review Inspektorat Jendral Kementan, Kasubag TU BPTP Balitbangtan NTB dan perwakilan KPPN NTB.

Menurut Saleh Mokhtar BPTP Balitbangtan NTB selaku sekretariat usaha akutansi pembantu pengguna anggaran/barang wilayah (UAPPA/BW) Kementerian pertanian berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Salah satu pelaksanaannya adalah dengan menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasi, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan. Penyusunan Laporan Keuangan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Barat mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan dan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang sehat dalam pemerintahan. Laporan Keuangan ini telah disusun dan disajikan dengan basis akrual sehingga akan mampu menyajikan informasi keuangan yang lebih transparan, akurat, dan akuntabel.

“Laporan Keuangan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna kepada para pengguna laporan khususnya sebagai sarana untuk meningkatkan akuntabilitas/pertanggungjawaban dan transparansi pengelolaan keuangan negara pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Barat. Disamping itu, laporan keuangan ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam pengambilan keputusan dalam usaha untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)” , demikian Saleh Mokhtar menambahkan.

Kasubag Akutansi dan Verifikasi Setjen Tanaman Pangan Kementan Ir. Budi Cahyono, MM menyampaikan arahan Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Sekretariat Jendral Kementan agar tetap mempertahankan  WTP dengan menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan Negara (BPK) dari temuannya tahun 2017 dan tahun sebelumnya, hal ini harus menjadi perhatian yang serius bagi kita.

BPTP Balitbangtan NTB menyajikan laporan keuangan tahun anggaran 2018 yang telah disusun berdasarkan sistem pengendalian intern yang memadai, dan isinya telah menyajikan informasi pelaksanaan anggaran dan posisi keuangan secara layak sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (M. F.Matenggomena dan Nurul Agustini).

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com