Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
300 Teknologi Inovatif
ktt

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

20 ton lebih Benih Jagung Hibrida Varietas Bima 20 URI Produksi TTP Poto Tano Sumbawa Barat, NTB PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh MNZM   
Jumat, 18 Mei 2018 09:07

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Poto Tano Sumbawa Barat sejak awal berdirinya tahun 2016 hingga saat ini telah berhasil memproduksi lebih dari 20 ton benih jagung hibrida varietas Bima 20 URI. Hal tersebut disampaikan Dr. Moh. Nazam, SP.M.Si selaku Manajer TTP Poto Tano pada acara Panen Benih Jagung Bima 20 URI dan Bimtek Penggemukan Sapi Potong Berbasis Pakan Kering di TTP Center (9/5/2018). Panen benih jagung kali ini adalah yang ke dua di lahan TTP Center sedangkan di kawasan Sumbawa Barat telah berhasil diproduksi sebanyak 16,3 ton benih dan insya Allah dengan melihat penampilan tonggkol benih yang kita panen saat ini diperkirakan akan menghasilkan sekitar 3 ton lebih benih bersertifikat, tambahnya.

Panen dihadiri oleh Kepala dan Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat, Kepala UPTD Dinas Pertanian Kec. Poto Tano, PPL, Kepala Desa, Babinpol, dan peserta Bimtek yang berjumlah sekitar 60 orang. Kepala Dinas Pertanian Drh. Khairul, M.Si berjanji akan menyiapkan anggaran yang memadai untuk menjadikan TTP Poto Tano sebagai pusat perbenihan jagung unggulan di Sumbawa Barat dan mengharapkan agar Peneliti BPTP NTB dapat membantu mengawal teknologi secara kontinyu. Kita akan merubah cara pandang masyarakat khususnya petani dari berorientasi produksi ke orientasi pendapatan. Oleh karena itu para petani harus cermat menghitung berapa biaya produksi dikeluarkan untuk menghasilkan sejumlah output tertentu. Jika tambahan pengeluaran lebih besar dari tambahan produksi yang dihasilkan maka hal itu tidak perlu dilakukan, imbuhnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas menghimbau agar para petani lebih meningkatkan kreativitas dan etos kerjanya dan jangan selalu mengharapkan bantuan dari Pemerintah. Kami akan lebih selektif dalam menentukan calon penerima bantuan dan tidak akan mengulangi bantuan pada orang/kelompok yang sama jika tidak ada dampaknya bagi masyarakat lanjutnya. Pada kesempatan tersebut beberapa petani mempertanyakan tentang keunggulan dari varietas Bima 20 URI. Manajer TTP menjelaskan bahwa varietas Bima 20 URI selain produktivitasnya tinggi, varietas ini juga lebih toleran terhadap penyakit bulai dan kekeringan, perakaran dan postur batang yang kuat sehingga tahan rebah serta bersifat stay green, yaitu batang dan daunnya masih hijau walaupun jagung telah berumur masak panen. Menurut Dr. Tanda Panjaitan selaku Penanggung Jawab Teknis Penggemukan Sapi TTP Poto Tano menjelaskan bahwa sifat Stay Green pada jagung hibrida Bima 20 URI adalah sumber pakan ternak yang baik sehingga sangat cocok dikembangkan di wilayah pengembangan peternakan lahan kering sebagai basis komoditas integrasi tanaman dengan ternak.

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com