Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

ktt
Tekno Inovatif
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Pisang Kayu Sumberdaya Genetik Tanaman Lokal NTB PDF  Array Cetak Array  E-mail
Oleh Fitrahtunnisa   
Senin, 10 April 2017 11:00

Pendahuluan

Pisang kayu merupakan pisang lokal asli pulau Lombok yang memiliki rasa buah yang enak, manis, bertekstur empuk tidak berair, dengan aroma yang kuat.

Pisang kayu merupakan pisang meja yang populer. Selain untuk konsumsi, di Lombok pisang kayu juga digunakan sebagai bahan untuk upacara keagamaan bagi umat Hindu. Pisang kayu dari Lombok juga dikirim ke pulau Bali 2-3 kali tiap pekan.

Deskripsi Pisang Kayu

Tinggi batang semu pisang kayu 3 – 4m dengan diameter 50 - 60 cm. Batang semu berwarna hijau kemerahan. Jumlah anakan 13-15 dengan posisi tumbuh anakan dekat dengan pohon induk. Pisang kayu dapat dengan mudah dibedakan dengan jenis pisang yang lain bila dilihat dari pelepahnya yang berwarna merah muda – ungu (Gambar 1).

Jumlah sisir dalam satu tandan 8 – 10 sisir dengan bobot tandan 10 – 12 kg. Jumlah buah 14 – 16 buah/sisir dengan bobot 57 – 76 gr/buah. Bentuk buah lurus atau sedikit melengkung. Ujung buah meruncing (Gambar 2).

 

 

Habitat yang Sesuai Untuk Tanaman Pisang Kayu

Pisang kayu tersebar hampir di semua daerah di pulau Lombok, namun kualitas buah yang dihasilkan berbeda. Pisang kayu lebih cocok dibudidayakan di dataran tinggi seperti di Kecamatan Kayangan KLU. Jika dibandingkan dengan buah pisang kayu yang dihasilkan di Kecamatan Sambelia, pisang kayu di Kec. Kayangan buahnya lebih berisi dan kondisi pertanaman terlihat lebih sehat. Tandannya juga lebih panjang dengan jumlah sisir lebih banyak. Hal ini menunjukkan bahwa pisang kayu lebih cocok dibudidayakan didaerah dataran tinggi.

Harga Jual Pisang Kayu

Harga pisang kayu cukup tinggi di pasaran. Bila dibandingkan dengan pisang-pisang bernilai ekonomi lainnya seperti pisang kepok dan pisang ketip, pisang kayu lebih mahal. Satu sisir pisang kayu di penjual buah senilai Rp. 20.000,- sampai Rp. 45.000,-/sisir tergantung dari ukuran sisir dan penampilan buah. Berbeda dengan pisang-pisang lainnya yang hanya Rp. 5.000,- sampai Rp. 15.000,-/sisir.

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com