Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Berita

Berita Lainnya
Sistem Penyuluhan Pertanian Dalam Pengembangan Usaha Agribisnis PDF Cetak E-mail
Oleh Ketut Puspadi   

Abstrak

Era perdagangan bebas mengakibatkan persaingan semakin ketat dalam memperebutkan peluang pasar, sehingga hanya petani-petani profesional yang dapat bertahan dan mampu memanfaatkan peluang pasar tersebut. Penyuluhan pertanian sebagai instrument pemberdayaan petani untuk menghadapi era perdagangan bebas, kualitas dan efektivitasnya menurun. Tujuan penelitian adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi kualitas dan efektivitas penyuluhan pertanian dan mendapatkan sistim penyuluhan pertanian untuk merespon perilaku petani yang semakin komersial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif menunjang pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, dan Lampung, meliputi 107 desa tersebar di enam kabupaten. Responden terdiri atas 749 petani dan 107 penyuluh pertanian lapangan.

Perilaku petani dalam berusaha tani yang semakin komersial, menuntut perubahan peran, kompetensi, kepribadian, wewenang penyuluh pertanian, sistim penyuluhan pertanian, paradigma penyuluhan pertanian, serta orientasi fungsi-fungsi terkait dengan fungsi penyuluhan pertanian.

Kualitas dan efektivitas penyuluhan pertanian dipengaruhi oleh: (1) kualitas kebijaksanaan organisasi penyuluhan pertanian; (2) motivasi penyuluh pertanian; (3) kompleksitas wilayah kerja penyuluhan pertanian; (4) iklim organisasi penyuluhan pertanian; (5) harga diri penyuluh pertanian; (6) kompetensi penyuluh pertanian; (7) kemampuan operasional penyuluh pertanian; (8) kualitas pemberdayaan penyuluh pertanian; (9) kualitas teknologi pertanian; (10) kepribadian penyuluh pertanian; dan (11) kualitas informasi pertanian.

Penyuluhan pertanian sistim LARIS, sebagai satu sistim penyuluhan untuk mengembangkan usaha agribisnis, menempatkan pelaku agribisnis sebagai sentral, berporos pada kegiatan pemberdayaan, pembelajaran, latihan, rancang bangun inovasi, social, ekonomi dengan luaran berupa penyuluh pertanian professional, petani professional, inovasi pertanian bermutu, alternatif usaha pertanian yang paling menguntungkan.

Kata kunci: sistim penyuluhan pertanian, kualitas, efektivitas, usaha agribisnis.

+ Selengkapnya...

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com