Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Berita

Berita Lainnya
Benang Merah Kualitas SDM Penyuluh Pertanian Dengan Pertanian Masa Depan Di Indonesia PDF Cetak E-mail
Oleh Dr. Ir. Ketut Puspadi   

Pendahuluan

Di dalam tulisan ini ada dua konsep yaitu konsep kualitas SDM Penyuluh Pertanian dan konsep pertanian masa depan yang perlu diberikan batasan, untuk memudahkan memahami tulisan ini secara utuh. Kualitas SDM Penyuluh Pertanian adalah kompetensi Penyuluh Pertanian untuk menghasilkan jasa penyuluhan pertanian yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggannya.

Kompetensi adalah sekumpulan keterampilan, bukan satu keterampilan atau satu teknologi (Rangkuti 1999). Klemp (Boyatzis 1982) mengatakan “A job competency is an underlying characteristic of a person wich results in effective and or superior performance in a job. A job competency is an underlying characteristc of a person in that it may be a motive, trait, skill, aspect of one’s self image or social role, or a body of knowledge which he or she uses.“ Gilley dan Eggland (1989), mengatakan kompetensi sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang, sehingga yang bersangkutan dapat menyelesaikan perannya.

Berdasarkan batasan-batasan tersebut di atas, maka yang dimaksudkan dengan kompetensi Penyuluh Pertanian adalah segala sesuatu yang menjadi karakteristik Penyuluh Pertanian yang mempengaruhi kinerjanya.

Pertanian masa depan adalah pertanian modern. Batasan konsep modern sampai saat ini belum ada kata sepakat di antara para pakar dari berbagai disiplin ilmu. Untuk membantu membayangkan kondisi pertanian masa depan di Indonesia, maka konsep modern dikembalikan ke arti aslinya. Kata modern berasal dari kata Latin ad modum hidernum yang berarti sesuai dengan tuntutan perkembangan hari ini. Inti konsep modern adalah dinamika. Dengan demikian pertanian modern adalah pertanian yang dinamis sesuai dengan tuntutan perkembangan jamannya. Pertanian merupakan kesatuan yang utuh antara manusia dengan sumber daya alamnya.

Memasuki melinium ke tiga, dengungan untuk kembali membangun sektor pertanian semakin menguat. Fakta menunjukkan bahwa pertumbuhan sektor pertanian lebih tinggi dan ekspor komoditi sektor pertanian terus mengalami kenaikan dibandingkan dengan ekspor migas dan nonmigas lainnya. Pada puncak krisis ekonomi dan moneter, sektor pertanian masih mengalami pertumbuhan positif sebesar 0,62 % pada tahun 1998, sedangkan sektor-sektor lainnya mengalami pertumbuhan yang negatif.

+ Selengkapnya...

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com